Skip to main content

Liputan Tong Tong Fair 2009

Tong Tong Fair aka Pasar Malam Besar adalah acara fair tahunan yang selalu diselenggarakan di Malieveld, the Hague. Pasar Malam Besar dulunya adalah kumpulan stand-stand Indonesia yang memamerkan kebudayaan dan keunikan Indonesia: mulai dari stand baju-baju batik, kerajinan tangan, sampai, yang tidak pernah terlewatkan, stand makanan Indonesia.

Tahun ini nama Pasar Malam Besar diubah menjadi Tong Tong Fair. Tong Tong adalah Event Organiser Pasar Malam Besar. Menurut kabar burung yang beredar, Tong Tong berpikir akan lebih menguntungkan kalo Fair ini tidak hanya diperuntungkkan untuk stand-stand dari Indonesia; tapi dari seluruh Asia. Alhasil, tahun ini nama Pasar Malam Besar berganti menjadi Tong Tong Fair dan memang benar, kita bisa melihat stand-stand dari negri Cina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Hong Kong, Surinam, dan of course Indonesia.


Tong Tong Fair berlangsung selama 10 hari, mulai dari 21 Mei - 1 Juni 2009 dan bertempat di sebuah lapangan besar bernama Malieveld. Biaya masuk ke Tong Tong Fair sungguh sangat mengejutkan: umum 11,50 Euro (weekend 14,50 Euro) dan student 9 Euro. Remember 1 Euro = +/- 14 ribu rupiah. Dan biaya ini hanya untuk masuk, tidak ada yang namanya dapat nasi kotak atau free drink. Untunglah Oma bisa dapet tiket gratis, karena malam sebelumnya Oma abis ngejob MC di Indonesian embassy. Kalo ngga, bisa jadi ngga ada liputan ini :P

Antrian masuk cukup terorganised. Dengan 3-4 kassa untuk membeli tiket masuk, bisa dengan kontan atau pake ATM, pengunjung dengan cepat bisa masuk dan menikmati suasana eksotik di Tong Tong Fair. Begitu masuk, kita bisa melihat peta untuk menunjukkan dimana letak ini-itu. Bagian pertama dari Tong Tong Fair dipenuhi dengan stand-stand yang menjual patung-patung, kerjinan tangan, ada juga tanaman-tanaman, dan berbagai macam stand dari seluruh Asia. Kita bisa melihat penjual batik, asseccories seperti kalung, gelang, jam tangan cina yang murah-meriah, toko DVD dan CD, dan ada beberapa stand makanan kecil seperti lumpia, risoles, dll, yang menurut Oma kurang menarik, tapi whatever, orang juga banyak yang beli. Lumayan, menurut mereka, jalan-jalan sambil ngemil.

Lokasi ini bernama Grand Pasar, mungkin karena lokasinya yang sangat luas dan juga tempat 'pusat' dari Tong Tong Fair. Di tengah-tengah Grand Pasar, ada panggung megah dimana ada atraksi-atraksi seperti dance, music, dan band-band tempo doeloe, like Blue Diamonds (ada yang tau ngga? :P). Beberapa tahun yang lalu, karena namanya Pasar Malam Besar, artis-artis yang datang kebanyakan artis Indonesia. Dulu pernah ada Alm. Broery, Glenn Fredly, Andre Hehanusa, dan tahun lalu Dewi Yull. Yet, tahun ini, artis dari seluruh Asia bisa berpartisipasi. Kalau tidak salah, tahun ini Harvey Malaiholo yang mewakili Indonesia untuk menyanyi di Tong Tong Fair.

Karena banyak sekali tempat yang harus dikunjungi, Oma dan Herdiann (dan Opa juga ikut :P) mengunjungi 2 tempat: Indonesian Village and Eetwijk (Warung Makan). Di Indonesia Village, ya ini lah tempatnya orang-orang Indonesia. Mau tau yang dijual di sini? Lengkap kap kap kap! Mulai dari kerupuk, abon, keripik paru, ulekan, cobek, obat-obatan kayak Komik, Antangin, Tolak Angin, Balsam, Koyo, layang-layang, wayang, batik, patung-patung, asseccories, dan masiiih banyak lagi deh! Untuk urusan harga, ya kalo dikurs ke Rupiah, emang mahal. Misalnya sekotak Antangin bisa 4 Euro, cobek dan ulekan 10 Euro, kerupuk 2-3 Euro. Tapi, kalau dilihat dari nilai Euro, menurut Oma cukup affordable. Tapi Oma ngga beli apa-apa deh, maklum, student :)

Setelah berkelana di Indonesian Village (dan foto-foto pastinya :P), kami menyiapkan perut untuk menuju ke Eetwijk, hurray! Begitu masuk, kami langsung mencium aroma pisang goreng. I guess it's the most famous Indonesian snack in Holland. Dan, suasana Eetwijk membuat Oma ingat pujasera di Indonesia, atau G Walk, di Surabaya. *jadi kangen* Kalau di Grand Pasar banyak sekali stand-stand dari negara lain, di Eetwijk, stand-stand dimonopoli oleh orang-orang Indonesia. Hanya ada 1-2 stand dari luar Indonesia: (if I am not mistaken) Thailand and Belanda. Oke, Oma akan coba sebutkan makanan apa aja yang ada di sana: Martabak, Sate, kue-kue basah, snack seperti lumpia sampek kroket, restoran padang, Toke 'Oen' Semarang, Kambing Guling, Pisang Goreng dan gorengan lainnya (kayak tempe goreng), penjual Es (mulai Es kopyor sampek Es Tape), dan masiiiih buanyak lagi.

Oma dkk akhirnya ended up makan di Sari Sunda. Kenapa? karena Opa lagi ngidam Kambing Guling, dan karena banyak anak Indonesia yang kerja di sini (I'm proud of you guys!) - fotonya bisa dilihat, anak-anak Indonesia yang berkostum hijau. Sementara Opa pesan Kambing Guling, Herdiann pesan Mie Baso Malang, dan Oma pesan Urapan yang disajikan lengkap dengan ikan makarel (yang dimasak seperti ikan tongkol kalo di Indo). Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro! :) Setelah kenyang, kami menyempatkan berjalan-jalan lagi untuk mencegah terjadinya perut buncit :P dan menonton atraksi musik. Ngga tau deh siapa itu, tapi musiknya mayan asyik buat goyang.

Sambil menonton musik, Oma melihat ke sekeliling. Berpikir, ada sesuatu yang salah dengan ini. Setelah beberapa saat, Oma mulai mengerti apa yang salah. Di Belanda, setiap tahunnya orang-orang Belanda, dan bahkan dari luar Belanda, datang berbondong-bondong memadati Tong Tong Fair. Oma melihat orang-orang bule keluar membawa berkantong-kantong belanjaan, entah itu baju batik, patung khas Indonesia, atau makanan khas Indonesia. Ribuan orang memadat pangguung di Grand Indonesia dan kilatan blitz menghiasi langit-langit tatkala tarian Indonesia disajikan. Mengapa ini tidak terjadi di Indonesia? Mengapa orang Eropa begitu mencintai dan menghargai budaya Indonesia, sedangkan orang Indonesia lebih suka membeli baju branded (yang kadang dibuat di Indonesia) atau menolak makan makanan Indonesia dan memilih untuk pergi ke salah satu fast food chain di ibukota.

Ah, semoga orang Indonesia semakin sadar akan kekayaan dan keindahan budaya Indonesia, dan semakin mencintainya.

Dan akhirnya, waktu menunjukkan hampir pukul 11 malam. Kami pun pulang sambil masih mengelus-elus perut yang kekenyangan :P Eh, di dekat pintu keluar ada stand 'Waroeng Koppi'. Lucu.


So, inilah akhir perjalanan kami. Very fun. Hopefully next year there would be better and more interesting things happening at Tong Tong Fair, or should it go back to Pasar Malam Besar?

Salam Tong Tong

For more pictures and possible Herdian would upload his story too, go to Deliopedia

Comments

Popular posts from this blog

What would you do if you could live another life

What would you do if you could live another life just for one day? This line is quoted from "Last Chance Harvey" . I have watched this film twice and still feel so touched everytime I watch it. Kate Walker, the main character in this film, uttered this question to Harvey Shine. In this story, both of them lived a life that is not very happy-chappy. Kate lived in a pathetic, boring life; Harvey in a screwed one. When Kate asked this question, both of them seem to ponder: what if I could live a different life, just for one day, just to try out. This question makes me ponder, too: what would I do if I was given a chance to live any kind of life I want, just for one day? Where would I be? What would I do? Who would I be? Lately I have been thinking about the life I am living right now. Everything is so well-planned. I graduated from high school, went abroad to study, came back home to work, went abroad again to do my master, working in a reasonably good organisation, and going ho

Cold Feet

One of my closest friends is getting married tomorrow another one in May another one in November. and an ex-classmate is also getting married in April/May. and, I dreamed about getting married last night. I remember some months ago I was so enthusiastic with the idea of getting married. Although I knew that our relationship was not yet ready for that stage, I was so pushy to Stefy. I had asked him when exactly we would get married. Ah well, it was all the flashy things that I longed for. Right now, what I want is to avoid it! I am just not brave enough to throw myself into this new status. Don't get me wrong, I am probably just like any other girls out there who like the beautiful wedding gown, like to be made up, like to be the queen of the night. But, have you ever considered what would happen after you wave off the guests and head to your own home, starting your new chapter of life? or what would happen after the happy chappy honeymoon? Would we then live

WSAD? (What Should Ariel Do?)

As a communication expert, we always need to be prepared for crisis communication or disaster management. If a company suffered a bad publication, or when bad things happened, like with BP’s oil spill or Toyota’s cars, the communication people need to work very hard to communicate the right message (while some other people work on to make things right) and to win the public favour again. In theory, companies need to be prepared for crisis way in advance; however not many companies did that. I believe, Ariel had also never thought that such drama would happen, but yeah, here it is, and he has to face it! So, here is my humble opinion regarding what he needs to do to clear the air: Scenario 1: Launch a single/album Celebrities, especially musicians, usually would create a drama or scandal to increase their popularity in order to promote the next movie, single, or album that would be launched. What Ariel could do is to write a song (or an album) as soon as possible and launch it! And thee