Skip to main content

Hari Sabtu di Belanda

Biasanya hari sabtu di Belanda di awali dengan sleeping in alias molor!

Most of the people will party till drop kalo hari Jumat. Secara Oma uda tua, Oma lebih memilih di rumah, sipping a big mug of tea en nonton Samantha, Who? or Scrubs or Gossip Girl atau baca.

So, back to saturday. Hari sabtu diawali dengan sleeping in, lalu dilanjutkan dengan Brunch or breakfast in bed. Ya, pokoknya males mode on deh!

Nah, perlu diketahui kalau hari Sabtu adalah hari belanja grocery se Belanda :P Hehehe,.. semua orang akan belanja kebutuhan seminggu di hari ini, karena senin - jumat kan mereka kerja, dan perlu diingat, di Belanda tidak ada PRT, alias pembokat. Poor us!


Setelah belanja- belanja, mereka akan lanjut dengan shopping as window shopping atau bener-bener shopping di centrum: di pusat kota masing-masing, atau kadang ke kota lain untuk belanja. Ya, belanda kan kecil, tinggal naek kereta, en voila, uda ada di kota lain. Basically semua kota toko-tokonya more or less sama, cumaa ya experience en atmosphere aja yang beda.


Hari Sabtu juga bisa dibilang hari kunjung-kunjung atau hari ketemu teman. Di Belanda semuanya harus diplanning. So, biasanya mereka akan plan untuk ketemu teman atau mengunjungi rumah sodara di hari Sabtu. Bila berkunjung ke rumah sodara, orang belanda akan minum berliter-liter kopi sambil makan kue stroopwaffel (typical dutch cookies) atau boter cake (butter cake khas belanda).

Bila malam tiba, mereka akan makan malam, biasanya kalo mereka dining out, mereka akan pilih tempat-tempat yang gezellig (cozy), so that they can spend hours and hours to chat, gossip or just enjoy the culinary experience. Kalo mereka makan di rumah, mereka akan prepare sesuatu yang istimewa, yang tidak biasa disajikan di hari-hari lainnya.


Setelah makan malam, biasanya orang Belanda akan lanjut lagi ke cafe atau pub buat having fun, minum-minum atau sekedar ketemu teman-teman lagi.

And again, have fun till you drop. This time normally will be even dropper :P

Hari Minggu, sleeping in the whole day :P Biasanya hari Minggu jalan-jalan sepiiiii sekali. Dan mostly toko-toko tutup, kecuali di pusat kota di kota-kota besar.

Apa mereka ke gereja therefore jalan-jalan sepi? Hm,.. rarely. Only a few groups of people yang emang niat ke gereja hari minggu. Sisanya,.. bobok dengan nyenyaknya di rumah.

So,.. itulah weekend di Belanda.

Arti weekend buat Oma? Hm,... in the mean time, weekend equals catching up with my research, en of course, sipping a big big mug of coffee.

Have a nice weekend all.

Mo liat versi lengkapnya plus ada foto2? click here

Comments

Eunice said…
Samantha, who? kan uda ga berlanjut oma? ato aku ni yang ketinggalan berita....
Oma Nia said…
Lanjuuuuuuuuuutt, ada yang baruuu!!!

Popular posts from this blog

Cerita lucu tentang Bra!

Bra or orang-orang Indonesia lebih akrab dengan sebutan be-ha.

Kayaknya lucu deh ngobrolin tentang bra! Asal ngobrolinnya masih dalam batasan norma-norma dan tidak mengandung dirty joking a la American Pie or eXtra Large (American Pie versi Indonesia).

Punya ngga sih pengalaman lucu seputar bra?
Nie ada!
Waktu masih duduk di bangku SMP, Nie punya temen sekelas yang rese abis! Ngga tau dia dikasih makan apa ama bonyoknya tapi dia usiiiil banget! Kejadian yang paling Nie inget adalah si cowok ini, anggap aja namanya Budi, melakukan hal saru (porno) menurut pandangan anak SMP.

Hari itu hujan rintik-rintik (yaiks, kayak apa aja!). Heheheh,.. ralat! Hari itu Budi duduk tepat di belakang Nie. Budi lagi bangga akan penggaris panjangnya yang didapat dari ayah dan bunda (walah,.. opo seh!). Trus, di kala guru sedang menerangkan dengan seriusnya, tiba-tiba! Ctaaarrr!!!

Si Budi menggunakan penggaris panjangnya untuk menarik tali BH (waktu itu masih pake mini set) Nie dari belakang! Itu adalah kejad…

Korban Gagal Move On

Sudah lebih dari 1 bulan semenjak saya mengunggah tulisan saya lagi di Facebook dan blog, atas dukungan Ega. Dan sudah lebih dari 1 bulan juga saya absen nulis. Well, janji tinggallah janji.

Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, right? Daripada kita off topic, mendingan saya ceritakan alasan saya tiba-tiba menghilang dr dunia socmed. Well, bukan menghilang, tp lay low. Tp ada temen yang sampek nyangka saya deactivate account gara-gara jarang eksis.

Sejak sebelum lebaran, saya diminta boss untuk bantuin mengecek budget marketing untuk tahun depan. Well, how hard can it be? Boss bilang saya disuruh ngecek semua angka match up dan itung2annya bener. Ok sip!

Ternyata job description 'membantu' itu sangat ambigu, sodara-sodara. Yang ada, saya ikut mengerjakan budget itu dan semua teori akuntansi yang pernah saya pelajari dalam hidup, harus dikeluarkan.

Sayangnya, saya hampir tidak pernah belajar akuntansi. Waktu SMA, saya selalu bolos atau bahasa kerennya dulu &…

New Chapter: Different Focus

Tahun 2017 adalah sebuah halaman baru dari perjalanan hidup saya. Saya menikah di tahun 2012, memiliki anak pertama di tahun 2014. Bukan, saya tidak sedang mengumumkan hadirnya anak ke-2 (apalagi suami kedua 😜) seperti yang dipikirkan banyak orang. Saya ingin menceritakan keputusan besar yang saya ambil akhir tahun lalu.
Tahun lalu, tepatnya di bulan Desember, saya memutuskan untuk resign dari jabatan saya sebagai Head of Marketing di sebuah perusahaan retail terkemuka di Indonesia dan mengalihkan fokus saya untuk lebih menjadi seorang Mama untuk anak saya. Keputusan ini memang cukup mengejutkan, bahkan bagi saya sendiri, tetapi langkah ini adalah suatu keputusan yang sudah lama harusnya saya ambil.
Saya adalah seorang wanita karir, heart and soul. Bekerja adalah bagian hidup saya yang sudah ditanamkan dari muda. Waktu saya masih duduk di sekolah dasar, di saat liburan sekolah, dimana banyak teman yang berlibur, saya sering 'berlibur' di perpustakaan atau kantor di tempat Mama …