Skip to main content

Money does cost a thing

'Cause I don't care too much for money, money can't buy me love.

Begitu kata the Beatles. Dan Nie sangat setuju.


Uang tidak hanya tidak dapat membeli cinta atau kasih sayang; uang juga tidak bisa membeli kebahagiaan, rumah tangga yang bahagia, kesejahteraan, kesehatan, dan masih banyak lagi hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan uang.


Pagi ini, Nie dikejutkan oleh dua berita yang HOT.

First, Heath Ledger, age 28, meninggal dunia. Si koboi Brokeback mountain ditemukan tergeletak bersama sleeping pills di dalam kamar tidurnya. Waktu buka Google News tadi pagi, dan membaca headline "Heath Ledger is found dead", Nie pikir ini adalah cerita di film terbaru Heath Ledger. Ternyata, Heath benar-benar meninggal dunia. Entah apa yang membuat dia memtuskan untuk mengakhiri hidupnya. Apakah kesepian kah? Apakah kurang kasih sayang kah? Apakah putus asa? Yang Nie tau pasti bukan gelimang harta yang dia cari. Bukan pula kekuasaan dan ketenaran yang dia tak punya.

Sebelum membuka Google News di kantor, Nie membaca Jawa Pos di rumah dan menemukan berita tentang seorang model asal Surabaya yang (juga) ditemukan meninggal dunia di kamarnya. Ceritanya dia, also age 28, dugem hari Senin kemarin. Di sono dia minum Martell and Jack Daniel's. Si model, yang bernama Ani Setiawati, ternyata juga lagi On Diet. Dia minum pil pelangsing, entah jumlahnya normal apa nggak. Trus, dia juga mengurangi makan nasi. Begitu kata teman-temannya. Secara model, dia pasti cantik, banyak yang naksir. Dia juga mampu, or at least ngga kere (miskin) lah! Nah, apa yang dia cari?

Nie jadi ingat cerita Lady Di yang meninggal dunia, kurang lebih 10 tahun yang lalu. Meskipun beliau meninggal karena kecelakaan, ada yang bilang bahwa beliau anoreksia, karena stress berat akibat tekanan dari keluarga besar Prince Charles. Ada juga yang bilang dia mabuk bersama selingkuhannya, which was somekind of pelarian dari stress yang menimpanya terus-menerus. Seorang Lady Di, yang cantik, berkuasa, calon (or sekarang mantan calon) ratu Inggris, kaya raya, punya anak-anak yang ganteng, dan tinggal di Inggris (my favorite place), dan semua itu adalah impian dia semenjak kecil, bisa memilih mencari 'pelarian' untuk mengobati stress yang melanda hidupnya.

Uang, kekayaan, popularitas, posisi, status, atau pun kekuasaan ternyata masih belum bisa mengalahkan kebahagiaan, kesehatan, keluarga yang harmonis, kasih sayang berlimpah dan kedamaian.

Pendeta Nie, Bapak Ronny Mandang, kemarin bilang di gereja "money can buy an expensive, prestigious bed; yet it can't buy a good sleep."

I totally agree.

Masih adakah yang ingin mencari sesuap nasi dan segentong berlian? Lebih baik kita cari sesuap nasi (meaning kebutuhan sandang, pangan, dan papan yang cukup) dan segentong kebahagiaan dan kedamaian. Mau?

Comments

Popular posts from this blog

FENOMENA ACEH 07

Daster Batik Pagi itu Nie datang ke kantor disambut oleh kumpulan ibu-ibu yang tidak jelas dari mana dan mau apa. “Assalamualaikum” sapa Nie. “Waalaikumsalam” jawab kumpulan ibu-ibu itu serempak. Nie menyunggingkan senyum, berusaha menampilkan senyum yang termanis untuk mereka. Semakin aku masuk ke dalam kantorku, semakin banyak ibu-ibu yang duduk lesehan di depan kantorku. Nie bergegas masuk ke ruangan admin, ada Hetty dan Wardah di sana. “Dah, kenapa ada ibu-ibu itu di situ?” Nie bertanya ke Wardah asal muasal ibu-ibu itu. “Oh, Pak Welly menugaskan karyawan kita yang di lapangan untuk mencari ibu-ibu yang membutuhkan sumbangan baju daster. Ibu-ibu korban tsunami. Ya itulah, bu, ibu-ibu yang akan diberikan sumbangan baju daster.” Nie mencermati kumpulan ibu-ibu itu. Ada yang masih muda belia, ada yang sudah tua, entah apa rambutnya sudah putih semua karena uban, atau disemir hitam mengkilap. Aku tak tahu, karena semua ibu-ibu menutupi auratnya, dari kepala sampai ujung kaki. Jadi k...

What would you do if you could live another life

What would you do if you could live another life just for one day? This line is quoted from "Last Chance Harvey" . I have watched this film twice and still feel so touched everytime I watch it. Kate Walker, the main character in this film, uttered this question to Harvey Shine. In this story, both of them lived a life that is not very happy-chappy. Kate lived in a pathetic, boring life; Harvey in a screwed one. When Kate asked this question, both of them seem to ponder: what if I could live a different life, just for one day, just to try out. This question makes me ponder, too: what would I do if I was given a chance to live any kind of life I want, just for one day? Where would I be? What would I do? Who would I be? Lately I have been thinking about the life I am living right now. Everything is so well-planned. I graduated from high school, went abroad to study, came back home to work, went abroad again to do my master, working in a reasonably good organisation, and going ho...

You selfish, handosme, little thing!

Sudah 3 hari ini, aku berpikir-pikir menanyakan pada diriku berulang-ulang: am i stupid? Kupandangi fotomu di FB, asking: do i like you? Why do i like you, if I do? Lagi-lagi jawabannya, no, thank you, i don't love you So, i am stupid, then. because i am still following you online wherever you are Frikin' silly me. no, no, no, i dunot love you neither do i care about you. no, no, no, no never ever would you ask how i am neither do you know what my favorite color, my favorite music, the book i am reading, things i am having trouble with neither would you care if my best friend's husband passed away then, why would i still think about you? gosh, you,.. selfish, handsome, little, cute thing! self-centred, adorable #$?!*%# i am still a little too not over you. fewh,.. why?