11 August 2013

Ramuan Penangkal Flu

Health is a choice. Learn how to choose it.

Hari ini saya akan sedikit sok menjadi ahli kesehatan. 

Kemarin saya ngobrol di Line dengan food blogger and photographer dari Surabaya, Jie, yang ternyata lagi ngga enak badan. Flu-ish alias deman-demam kayak mau flu gitu.

Saya kasih beberapa resep "ramuan-ramuan" andalan keluarga saya, yang sudah diuji keampuhannya. Dan ternyata, Jie belum pernah dengar tips ini sebelumnya.

Keluarga saya adalah keluarga yang tidak suka minum obat. Kalau sakit, obatnya tidur, minum air putih yang banyak, dan membuat ramuan penangkal flu ini. 

Buat kalian yang lagi flu atau merasa ngga enak badan, mungkin bisa dicoba resep ramuan-ramuan berikut ini:

1. Jahe coklat
Minuman ini sangat ampuh untuk yang lagi pilek, demam, atau masuk angin. Di Jawa Tengah, khususnya di Salatiga, wedang jahe coklat ini adalah minuman wajib di warung-warung pinggir jalan. Yang lebih menarik, minuman ini mirip dengan minuman dari Spanyol/Mexico, chocolate and red pepper. Fungsinya sama, untuk menyembuhkan flu dan demam. 

Resep:
Versi original: kupas dan keprek jahe muda, masak dengan air matang sampai airnya menyusut. Tambahkan gula jika perlu. Saring dan tambahkan coklat bubuk cacao (yang biasanya buat bikin kue). Aduk dan nikmati.

Versi instan tapi mantep: jahe wangi instan + geprekan jahe muda + coklat bubuk cacao

Versi super instan tapi kurang ampuh: jahe wangi instan + coklat bubuk instan (yang paling cocok Hot Cacao Delfi)

2. Lemon dan madu
Lemon adalah obat flu yg mujarab juga. Minuman ini cocok untuk penderita flu dan batuk, karena jahe kurang cocok untuk penderita batuk. Jahe cenderung bikin tenggorokan gatal. Ketika saya di Eropa, hampir semua obat flu andalan ketika sakit flu sabya tidak kunjung sembuh, mengandung lemon. Resepnya, perasan air lemon, air hangat dan madu. 

3. Garlic and black pepper
Bawang putih dan merica hitam adalah antibiotik alami. Temen mama saya, orang India, kalau flu dia akan makan merica hitam. Yup, biji merica hitam akan dikunyah-kunyah.Saya alirannya masih lebih normal. Kalau flu, selain jahe coklat atau lemon madu, saya akan membuat sop ayam atau makanan berkuah lainnya dengan menambahkan bawang putih dan merica hitam yang banyak! 

Bahan-bahan di atas ini juga punya manfaat lain, seperti jahe yang juga baik untuk mengurangi sakit perut, madu untuk panas dalam dan sakit tenggorokan, lemon untuk menghilangkan sakit maag, dan coklat untuk dimakan ketika sedang galau atau sedih :)

Buat yang lagi flu, monggo langsung dicoba. Semoga berguna. 

Buat yang lagi flu dan suka tantangan, coba resep obat flu alami, resep dari teman saya orang Polandia: susu, madu, jahe, dan bawang putih. Sampai saat ini saya masih belum berani nyobain. Ngga bisa bayangin minum susu rasa bawang putih. 

2 comments:

aisyah said...

kalu saya biyasanya minum airputih yang banyak agar tidak mudah terkena flu

mangasano dot com said...

http://www.mangasano.com/2013/12/naruto-shippuden-episode-341.html